3 Cara Menjernihkan Air Kolam Renang dengan Cepat

3 Cara Menjernihkan Air Kolam Renang dengan Cepat

Setelah selesai digunakan, biasanya air kolam renang menjadi berubah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kejernihan air. Kadang, kehadiran lumut di kolam juga bisa membuat warnanya berubah menjadi kehijauan. Untuk itu Anda perlu untuk mempelajari cara menjernihkan air kolam Renang dengan cepat dan kembali seperti semula lagi.

Cara Menjernihkan Air Kolam Renang dengan Cepat

Sangat penting untuk beberapa kali menjernihkan air. Ini karena hal tersebut bisa berpengaruh pada kualitas dari air kolam renang itu sendiri. Cara-caranya juga sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Berikut ini adalah masalahnya dan langkah untuk mengatasinya.

1. Air Kolam Renang Berwarna Hijau Lumut

Air dengan warna hijau lumut sangat mudah untuk dilihat dengan mata. Pada bagian dasar dan dinding kolam pasti banyak sekali lumut-lumut halus yang menempel di sana. Hal ini biasanya dikarenakan kolam renang kekurangan bahan-bahan kimia.

3 Cara Menjernihkan Air Kolam Renang dengan Cepat

Cara menjernihkannya sangat mudah, Anda hanya perlu menambahkan chemical secukupnya sesuai kebutuhan saja. Untuk kolam yang sudah terlanjur terserang hama lumut dan berwarna hijau, penggunaan chemical yakni granular ini disarankan sebanyak 90% kemudian dimasukkan ke kolam renang tersebut.

2. Air Kolam Renang Berwarna Hijau Bening

Pada kodisi satu ini di dasar atau dinding kolam tidak terdapat lumut sama sekali. Kolam renang tersebut bisa terlihat hingga ke dasarnya karena airnya masih sangat bening. Namun, warnanya berubah menjadi kehijauan. Biasanya hal ini terjadi karena tingginya kandungan senyawa seng (Zn) dalam air.

Untuk cara penjernihan airnya ini adalah dengan menambahkan zat kimia seperti Granular sebanyak 90% ke dalam kolam. Kemudian berikan trussi juga dalam takaran secukupnya saja. Sesuaikan penambahan dua senyawa ini dengan ukuran kolam renang itu sendiri dan besar kerusakannya.

3. Air Kolam Berwarna Putih dan Berkabut

Beberapa kolam renang seringkali mengalami masalah yang satu ini. Air kolam berubah warna menjadi putih berkabut karena kurangnya kandungan senyawa di dalamnya. Kejadian seperti ini juga bisa terjadi di kolam pribadi atau umum. Tidak ada bedanya sama sekali antara keduanya.

Cara mengatasi masalah air kolam renang ini juga sama dengan penjernihan pada kolam berlumut dan kolam yang berwarna hijau bening sebelumnya. Pertama tambahkan granular sekitar 90% ke kolam. Kemudian perhatikan dengan seksama selama beberapa hari perubahan warna air setelah pemberian senyawa tadi. Anda juga bisa berkonsultasi dengan kontraktor kolam renang yang dulu pernah menangani pembuatan kolam tersebut untuk penanganan lainnya.

Demikian sedikit uraian mengenai cara menjernihkan air kolam Renang dengan cepat ini. Ada banyak sekali hal-hal penting yang harus dilakukan agar dapat membuat air kolam selalu jernih dan berwarna kebiruan. Karena ini merupakan tanda bahwa kolam tersebut selalu bersih dan dijaga dengan baik.